AWAL MULA PIALA DUNIA -->

Menu Atas

Recent Posts

IKLAN RENPONSIF

AWAL MULA PIALA DUNIA

Tuesday 4 April 2023

Piala Dunia FIFA, juga dikenal sebagai Kejuaraan Dunia FIFA atau Piala Dunia, adalah turnamen sepak bola internasional yang diadakan setiap empat tahun sekali. Turnamen ini diikuti oleh tim nasional dari seluruh dunia dan dianggap sebagai acara paling bergengsi dalam dunia sepak bola. Turnamen ini dimulai pada tahun 1930, dan sejak itu telah menjadi ajang olahraga yang sangat populer di seluruh dunia.


Awal mula Piala Dunia FIFA dapat ditelusuri kembali ke awal abad ke-20, ketika seorang wartawan olahraga bernama Jules Rimet mengusulkan ide untuk membuat turnamen sepak bola internasional. Rimet mengemukakan gagasan ini setelah keberhasilan turnamen sepak bola Olimpiade Paris pada tahun 1924, di mana tim nasional Uruguay meraih medali emas.


Pada tahun 1928, Rimet menjadi presiden pertama Federasi Sepak Bola Brasil (CBF). Pada saat itu, Brasil menjadi negara pertama di Amerika Selatan yang mengembangkan sepak bola secara besar-besaran, dan Rimet melihat potensi besar dalam sepak bola di negara ini. Rimet kemudian mengusulkan ide untuk membuat sebuah turnamen sepak bola internasional yang melibatkan tim nasional dari seluruh dunia, dan dia mulai mempromosikan gagasan ini ke seluruh dunia.


Pada bulan Mei 1928, Rimet mempresentasikan gagasannya kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) dalam upaya untuk memasukkan turnamen sepak bola internasional ke dalam program Olimpiade. Namun, proposal Rimet ditolak oleh IOC, yang merasa bahwa turnamen sepak bola internasional akan mengganggu program Olimpiade yang sudah ada.


Namun, Rimet tidak menyerah. Dia melanjutkan upayanya untuk membuat turnamen sepak bola internasional, dan pada tahun 1929, dia berhasil membentuk Komite Penyelenggara Kejuaraan Dunia FIFA. Komite ini bertugas untuk mengorganisir turnamen sepak bola internasional pertama yang diadakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930.


Turnamen ini diikuti oleh 13 tim dari seluruh dunia, termasuk tim nasional Uruguay, Argentina, Brasil, dan Paraguay. Setiap tim bermain dalam pertandingan kandang dan tandang, dan tim dengan poin terbanyak di akhir turnamen dianggap sebagai juara.


Turnamen ini diadakan pada bulan Juli 1930, dan finalnya dimainkan di Stadion Centenario di Montevideo. Pertandingan final ini mempertemukan tim nasional Uruguay dengan tim nasional Argentina. Uruguay berhasil memenangkan pertandingan ini dengan skor 4-2, dan menjadi juara pertama Piala Dunia FIFA.


Setelah keberhasilan turnamen pertama ini, Piala Dunia FIFA menjadi acara olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Turnamen ini diadakan setiap empat tahun sekali, kecuali pada tahun 1942 dan 1946 karena Perang Dunia II. Sejak itu, turnamen ini telah diadakan di berbagai negara di seluruh dunia 

Kapan Indonesia akan menjadi peserta piala dunia ?